Sabtu, 05 Maret 2011



Membaca apa yang tertulis pada button diatas membuat saya tersentak. selama ini, saya meyakini bahwa masa remaja yang sedang saya alami merupakan masa pencarian dan pembentukan jati diri. dan setelah membaca kata-kata diatas, saya meyakini bahwasanya yang harus kita utamakan dalam masa remaja kita adalah pembentukan pribadi, bukan pencarian diri. 

lalu, apa bedanya pembentukan pribadi dengan pencarian diri?
saya sendiri tidak memahami betul apa perbedaan antara keduanya. namun, saya mencoba memahami dua istilah tersebut dengan cara saya sendiri. menurut saya, pencarian jati diri lebih mengacu kepada proses pencarian sifat, kebiasaan dan pola pikir masing-masing orang. istilah ini nampaknya lebih mengacu kepada proses pencarian "zona nyaman" seseorang. biasanya, dalam proses pencarian jati diri kita memerlukan banyak orang dengan berbagai macam lingkungan untuk bergaul. dari pergaulan tersebut, kita akan merasa nyaman untuk bergaul dengan satu atau mungkin dua kelompok. nah, dari kelompok tersebut kita akan mengetahui seperti apa jati diri kita. jadi, menurut saya jati diri sangatlah ditentukan oleh kelompok bergaul seseorang.

permasalahan yang kerap kali terjadi saat ini adalah banyak remaja yang salah menentukan kelompok bergaulnya. banyak remaja yang menganggap bahwa orang-orang yang kuat, sering berkelahi, terlibat peredaran drugs, dan sebagainya adalah orang-orang yang hebat. inilah proses pencarian jati diri yang salah.
sedangkan proses pembentukan pribadi menurut saya adalah proses pembentukan sifat dan karakter yang baik dan unggul. pembentukan karakter diawali oleh rasa kagum terhadap hal-hal positif yang dimiliki seseorang. dalam proses pembentukan pribadi, kita akan membutuhkan beberapa figur yang kita anggap hebat, luar biasa dan patut dicontoh. sebagai contoh, orang tua, kakak, adik, teman dan sebagainya. proses pembentukan kepribadian akan menghasilkan seseorang dengan karakter kuat, berpendirian teguh dan mampu menghadapi setiap masalah. pemebentukan pribadi berada di bawah kendali kita. kita berperan penuh untuk menentukan kepribadian kita sendiri. karena itu, kemungkinan diri kita masuk ke pergaulan yang salah dapat diminimalisir. Sejak saat ini saya yakin, bahwa masa remaja harus dijadikan masa pembentukan kepribadian yang baik.

so, have you created yourself?

0 komentar:

Posting Komentar